Minggu, 06 Januari 2008

Konsep Kepemimpinan


Konsep Kepemimpinan
The Two Most Important Keys to Effective Leadership
kepercayaan dan rasa percaya diri seorang pemimpin adalah salah satu faktor utama guna mengetahui kepuasan para karyawan dalam organisasi.
kepercayaan diri yang tinggi seorang pemimpin mempengaruhi tingkat kepercayaan para karyawan terhadap pemimpinnya.kepercayaan diri itu membuatnya terkesan tegas dan berwibawa.maka dari itu, dari sini seorang pemimpin dapat membentuk karakternya sehingga dapat dihormati para bawahannya. sebaliknya kekurangpercayaan dirinya bisa membuat mosi tidak percaya para bawahannya mengenai kemampuan leadershipnya.
komunikasi effective dalam tiga area kritis merupakan kunci utama untuk membangun kepercayaan dan kepercayaan diri keorganisasian ;
  • a. membantu para karyawan untuk memahami strategi keorganisasian secara keseluruhan.
  • b. membantu para karyawan untuk memahami bagaimana caranya mereka memberikan kontribusi bagi tujuan keorganisasian.
  • c. berbagi informasi dengan para karyawan dalam hal bagaimana organisasi berjalan dan bagaimana mereka seharusnya bekerja dalam divisinya masing - masing berkaitan dengan tujuan organisasi secara keseluruhan. beberapa ilmuwan komunikasi menempatkan pentingnya unsur komunikasi dalam sebuah organisasi, bahkan mereka menempatkan komunikasi sebagai salah satu faktor yang sangat menentukan keberhasilan organisasi. pada kenyataannya, hampir 90% kegiatan keorganisasia melibatkan aktivitas komunikasi didalamnya. baik itu antar manager, manager dengan karyawan, karyawan dengan karyawan, atau antara internal organisasi dengan lingkungan eksternalnya.terdapat tiga bentuk komunikasi dalam organisasi, yakni
  • a. top - down informasi ini berasal dari atasan kepada bawahannya. biasanya berlangsung ketika pemberian insrtruksi kerja, nota, delegasi, dll.
  • b. bottom - up informasi yang berasal dari bawahan kepada atasan, biasanya berupa aspirasi karyawan, saran, kritik bahkan unek - unek dari para karyawan.
  • c. horizontal yakni komunikasi yang berjalan diantara para anggota organisasi yang sejajar berdasarkan jabatannya dalam organisasi.dalam hal ini para pemimpin memiliki peran yang cukup sentral, bagaimana caranya menggendalikan arus komunikasi dan informasi yang beredar dalam organisasi sehingga komunikasi itu dapat berdaya guna dan sebaliknya tidak menjadi sebuah isu dan rumor - rumor yang dapat merugikan organisasi secara keseluruhan.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Bagus mas...
Lebih sering berkarya dan menulis akan membuat anda semakin luar biasa. Semoga taliaorganizer anda semakin tumbuh berkembang ya mas.. Salam hangat dari Jakarta

Anonim mengatakan...

apakah tulisan di atas hasil pemikiran penulis atau bagaiamana? karena seadainya bukan orisinal pemikiran penulis maka harus ada catatan kaki atau informasi rujukan sumber-sumbernya. Maaf, satau saya pemikir2 besar selalu mencantumkan sumber2 landasan berfikirnya.