Sabtu, 05 Januari 2008

SukSes MiLiK KiTa BeRsAmA....!!!


Entah kenapa saya jadi teringat kata-kata ini, yang sudah lama terlupakan. Namun ketika saya bergabung dengan Talia Organizer kata-kata ini terngiang kembali dalam ingatan saya. Kejadiannya 2 tahun lalu ketika saya masih bergabung dalam kegiatan organisasi kampus yang waktu itu terdapat materi "Achievment Motivation". Pada awalnya saya tidak tahu dan tidak tertarik tentang Achievment Motivation itu sendiri namun. Ketika saya mendengar dan menyaksikannya secara langsung, saya jadi bisa mengerti tentang makna kehidupan. Terutama saya jadi bisa menyadari kekurangan diri saya selama ini. Karena training motivation seperti ini menjelaskan dan menggambarkan juga memberikan solusi yang terbaik tentang kehidupan yang bisa kita jalani.
Bicara masalah kehidupan pasti berliku-liku dan bahkan kita mendapatkan cobaan yang
begitu berat,mengguncang mental kita dan tidak mungkin membuat semangat kita runtuh dan tidak mau mengulangi lagi apa yang sudah kita perjuangkan. Namun setelah saya mengikuti training motivation saya jadi paham dan yakin bahwa HIDUP BUKAN 100% TAKDIR. Namun kita bisa merubahnya sesuai dengan yang kita tujukan dan hasilkan. Seperti teori yang dijelaskan oleh Trainer Motivation no.1 Indonesia Tung Desem "Dahsyat" Waringin :

Pak Tung Desem menjelaskan tentang tiga macam situasi yang kita hadapi:
  • Di dalam kontrol kita
  • Di dalam pengaruh kita
  • Di luar kontrol kita

Banyak orang yang punya pengertian yang salah. Emosi atas kejadian tertentu sebenarnya masih dalam kontrol kita; sedangkan mood - reaksi spontan dan bersifat sesaat setelah kejadian tertentu terjadi - di luar kontrol kita. Di dalam hidup ini, apapun yang terjadi tidak ada artinya; dan baru punya arti saat kita memberi arti. Jadi tatkala ada kejadian yang berpotensi meledakkan emosi (amarah, jengkel, kesedihan, dll), maka kita harus memikirkan:

  • Apa yang bisa saya syukuri atas kejadian ini
  • Apa yang harus saya pelajari dari kejadian ini agar saya bisa lebih baik lagi
  • Apa yang harus saya lakukan sehingga membuat saya:
    • Merasa lebih baik
    • Menjadi lebih baik
    • Membuat orang banyak menjadi lebih baik
    • Dan direstui Tuhan

Pada prinsipnya, otak hanya mencari nikmat dan menghindari sengsara. Untungnya, nikmat dan sengsara ini adalah relatif adanya; sehingga kita harus dapat menjalankan asosiasi yang tepat:

  • Asosiasi Salah: Nikmat jangka pendek, sengsara jangka panjang
  • Asosiasi Benar: Sengsara jangka pendek, nikmat jangka panjang
  • Asosiasi Sempurna: Nikmat jangka pendek, nikmat sekali jangka panjang

Pak Tung Desem mengungkapkan bahwa otak kita bisa menjadi dahsyat ketika kita:

  • Mampu mengartikan asosiasi yang ke arah sengsara, dengan tindakan yang berguna untuk diri sendiri dan orang lain
  • Mengetahui cara untuk mau dan mampu memanfaatkan situasi dan kondisi apapun untuk kebaikan diri dan orang lain
  • Mampu mengkaitkan (asosiasi) apa yang harus dikerjakan dengan kenikmatan bila dikerjakan; dan kesengsaraan bila tidak dikerjakan
  • Punya alasan yang sangat kuat untuk mencapai tujuan
  • Sehingga akhirnya terbentuk pola/kebiasaan yang mampu mengartikan asosiasi sempurna

Otak dapat kita program menjadi lebih dahsyat untuk mencapai apa yang kita inginkan, dengan:

  • Mempengaruhi informasi yang masuk ke otak kita
  • Memberi tujuan (mengaktifkan radar)
  • Memberi otak kita alasan/keyakinan yang sangat kuat untuk bertindak mencapai tujuan
  • Memberi otak kita strategi (cara yang sudah terbukti berhasil)
  • Memberi otak kita rencana kerja
  • Memberi otak kita waktu untuk peka dan monitor
  • Memberi otak kita kesempatan untuk fleksibel
Maka dari sekarang mari kita yakinkan diri kita untuk berkata "Sukses Milik Kita Bersama". Karena masa depan yang gemilang menanti kita.



Best Regard
[gee]
^-^

Tidak ada komentar: